MASA BACIL Yang Perlu diwaspadai



Sebuah  judul kadang mengundang persepsi yang berbeda dengan isinya, kadang menurut pembaca arti bacaaan itu akan bermakna “a” namun ternyata maknanya “b”. Sama halnya dengan tulisan diatas “MASA BACIL” .
Masa adalah sebuah
kesempatan atau sebuah “saat”, atau bisa diartikan suatu waktu tertentu dengan keadaan tertentu.  Sedangkan BACIL  yang saya maksud disini adalah Banyak Cinta Lokasi.   Istilah Bacil memang terkenal dikalangan remaja ini,  kata itu mulai naik dan populer dipetengahan 2011, namun dengan arti yang lain.
Masa bacil adalah masa dimana seseoranng biasanya anak remaja, mengalami jatuh cinta pada dunianya, entah itu hobby, kebiasaan, tempat atau lawan jenisnya tanpa memikirkan sisi buruk dari sikap berlebih mencintai dunianya.  Misal kalian adalah seorang remaja laki-laki yang menyukai modifikasi kendaraan.  Atau misal kalian adalah seorang wanita yang suka berbelanja pakaian atau aksesoris sampai bisa disebut kolektor.
Masa ini adalah masa rentan dimana apa yang mereka lakukan hanya berlandaskan pada kesenangan dan  hanya berorientasi pada kata keren. Tak peduli apakah perutnya kering atau wajahnya kusam kelaparan demi membeli barang yang ia sukai.
Hal itu hanya salah satu daru beberapa effek yang timbul di masa ini, namun effek lainnya adalah:

1.       Tidak pedulinya terhadap kesehatan diri
-          Rasa cinta yang berlebih kadang membuat kita lupa  waktu, karena asiknya kadang kita melupakan waktu makan, dan mandi. Maka dari itu penyakit mulai bermunculan bila kita lupa diri dengan terlalu asik mendalami dunia kita. Saran saya beristirahatlah sejenak, ingat waktu makan, dan mandi karena disadari atau tidak jika kita sakit maka kita akan meninggalkan dunia yang sedang kita cintai ini.

2.       Hilangnya keseimbangan Belajar.
-          Masih harus  disadari sebagian besar remaja adalah pelajar, hobby adalah hal yang berada di sisi lain dalam belajar. Walapun terkadang ada keterkaitan dengan pembelajaran, namun belajar sesuai aturan adalah patokan yang sudah baku. Jangan sampai lebih mementingkan hobby atau dunia yang sedang kita dalami ini.  Biasanya ini terjadi pada anak yang aktif berorganisasi, mereka terkadang rela meninggalkan pelajaran demi urusan organisasinya. Walau secara kasap mata tidak salah namun itu juga tidak benar, karena tujuan utama sekolah adalah belajar sesuai kurikulum adapun urusan organisasi, itu hanya tambahan untuk perkembangan anak.

3.       Hilangnya kesadaran diri
-          Beberapa anak hanya mencoba menjalani hidup dengan semau mereka kalau mereka bilang “ semau gue. Emang masalah buat loe!”. Banyak dari mereka yang menjadi iron man  menjadi sekuat baja, apapun yang dikatakan oleh orang tuanya seolah hanya batu ringan yang menyentuh baja.  Akibatnya mereka terjatuh dalam jurang kegelapan.

-          Misal anak suka modif, mereka akan mencoba motor mereka. Setelah itu mencoba balap liar, selanjutnya masuk gang motor, memakai narkoba dll. Atau wanita yang suka glamor dengan tujuan menarik hati laki-laki, mencari laki-laki dan keseringan berpacaran, membuatnya menjadi salah gaul bahkan sampai hamil atau terkena aids. Hal ini yang patut diwaspadai oleh para remaja sebelum benar benar tejadi dengan dunianya. Dan bagi para orang tua cobalah menajdi teman yang baik bagi anak anda sesungguhnya mereka akan menjadi lebih nyaman dan lebih terbuka dibanding anda mengatur mereka.


Ok sekian saja yang bisa saya bagi mudah mudahan bermanfaat, adapun beberapa saran akan saya terima dengan lapang dada. Terimakasih.


Baca Juga
-----------



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved