Berfikir Analis



 ©DUNIA NAETA – Analis merupakan  orang yang menganalisis atau melakukan analisis(KBBI), analisis tidak hanya dilakukan di laboratorium saja, analisis sederhana dilakukan di dalam pemikiran kita, pernahkah anda mendengengar kata ini “kesuksesan seseorang ditentukan berdasarkan pola pikirnya”. Jika kita teliti dari kata itu, pola pikir adalah cara berfikir yaitu bagaimana seseorang tersebut menganalisis suatu masalah dan memecahkannnya dan tentunya dengann cara yang paling baik sehingga mendapat hasil yang baik.

Sederhana saja intinya saat menganalisa susatu masalah kita dituntut memahami apa yang sebanarnya telah terjadi, dan wajib memikirkan jalan yang harus dilalui dan menentukan seberapa persen cara itu akan bekerja, setelah itu barulah kita melakukan suatu tindakan.

Untuk apa berfikir berfikir seperti analis? Kebanyakan dari analis adalah orang yang pintar dan teliti di bidangnya. Jika kita membiasakan diri dengan berfikir sebelum bertindak, maka anda pasti akan mengalami kesuksesan yang luar biasa  disetiap masalah yang anda lalui di kehidupan anda.

Contoh kasus :



Misal anda mempunyai sahabat, lalu sahabat anda mempunyai pacar dan pacarnya memilih untuk mencari pasangan lain selain sahabat anda! Lalu sebagai teman apan yang akan kita lakukan?
a.     Memarahi pacar teman?
b.     Memarahi orang yang merebut pacar teman anda? Bahkan sampai memukulinya?

Dari kedua jawaban itu, semuanya salah besar. Coba kita pikir lagi pahami, teman anda baru menjalani masa pacaran bukan pernikahan,  dan masa pacaran adalah masa pengembangan untuk saling memahami diri yang satu dengan yang lain. Dalam artian kita harus memahami apa pun itu keputusan pacar dari teman anda, karena apapun alasannya ia masih puny hak untuk memilih. Lalu jika anda memilih salah satu dari jawaban di atas, anda salah besar karena tak akan ada pengaruh pada teman anda. Ia hanya akan tetap ditinggal oleh pacanya bahkan di benci.

Jika anda benar-benar memperhatikan, masalah ini. Tentu anda paham apa yang sebenarnya teman anda inginkan saat sakit hati. Ia sakit hati karena pacarnya hilang, maka jawaban yang tepat adalah, hibur dan carikan ia pacar lagi. Karena itu yang ia butuhkan.




Caranya bagaimana? Pertama pahami siapa diri kita, apakah anda penulis, penyanyi, pebisnis, olahragawan, pelajar atau lainnya? Jelas kita akan lebih paham tentang diri kita di banding orang lain maka dari itu kita harus mampu menentukan hidup. Setelah itu lihat sekitar anda, misal anda adalah mahasiswa. Lihat potensi diri di bidang apa anda sekarang?  Setelah itu tanya lagi sejauh mana anda menguasai materi dan sejauh man aanda dapat mengamalkannnya dikehidupan.

Lalu memikirkan cara untuk mengembangkan potensi. Buatlah sebuah masalah, misal mengeluhlah karena anda butuh uang tambahan. Ini penting karena sesuatu yang mampu menggerakan anda hanyalah sebuah masalah. Jika anda tidak memiliki masalah tentu anda hanya terdiam diri saja di rumah.

Setelah anda mempunyai masalah, anda akan tergerak untuk memecahkannya, namun ingat jalan yang anda tempuh harus positif, ingat  berfikir analis mendekati teliti, cerdas, untuk memecahkan masalah, bukan berkejibung dalam masalah tanpa solusi. Karena tujuan utama kita adalah menentukan jalan terbaik bukan masalah terbaik.

Setelah anda mampu mengembangkan jalan, misal anda temukan menjadi guru privat, pegawai magang, dan bisnis pulsa.  Maka anda tentukan yang mana yang potensinya lebih besar, jangan sesekali mengambil semuanya sekaligus, karena akan mengurangi tingkat konsentrasi dan tingkat keseriusan dalam menjalaninya. Namun boleh menjalani semuanya dalamkurun waktu yang berbeda.

Jika anda telah temukan hal mana yang anda akan tempuh, maka lakukanlah dengan serius dan jangan lupa berdoa tehadap yang maha kuasa. Karena sejauh apapun usaha kita tanpa restunya semuanya mustahil




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved