Makalah Etika Internet

ETIKA INTERNET
(cyberethics)
BAB I
Pendahuluan
1.       Latar Belakang
Didasari dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi yang terbukti dengan penggunaan system komputerisasi dan didorong dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat dengan keterbatasan ruang dan waktu maka terbentuklah sebuah media yang dapat mempermudah masyarakat untuk menjalin komunikasi dan berinteraksi, yaitu media Internet yang sering disebut dengan dunia maya. Dunia virtual ini atau dunia maya merupakan dunia kedua setelah dunia nyata.untuk melakukan segala rutinitas dan aktifitas yang tidak memungkinkan kita berada di dua tempat sekaligus.
Dunia maya merupakan salah satu fasilitas yang digunakan untuk berbagai kegiatan atau aktifitas seperti yang di lakukan di dunia nyata, oleh sebab itu dikarenakan banyak kesamaan antara dunia nyata dengan dunia maya maka perlu adanya etika dalam berkehidupan didalam kedua dunia tersebut.
Dalam dunia maya hampir sama dengan dunia nyata dalam hal komunikasi, bila terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain maka akan dianggap tidak memiliki etika. Bukan hanya itu tapi juga penyalahgunaan data di internet termasuk hal yang melangar etika. Dari permasalahan tersebut akan di bahas selengkapnya di pembahasan.
2.      Permasalahan
-          Hal apa yang dapat melanggar etika dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam ber internet?
3.      Tujuan
a.       Mengetahui hal apa saja yang termasuk pelanggaran etika internet.
b.      Mengetahui cara menghindari pelanggaran etika.
4.      Manfaat
a.       Menciptakan kondisi ber internet yang nyaman dan tenang.
b.      Menjadi bahan pengetahuan dalam beretika.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Etika
Berikut ini adalah Pengertian Etika  menurut para ahli :
-          Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. (pengertian etika menurut Rosita noer).
-          Etika (Yunani Kuno: “ethikos”, berarti “timbul dari kebiasaan”) adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.(pengertian etika menurut wikipedia)
-          Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik. (Pengertian etika menurut Drs. O.P. Simorangkir)
-          Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal. (pengertian etika menurut Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat)
-          Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai norma dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. (pengertian etika menurut Drs. H. Burhanudin Salam).
Jadi dapat disimpulkan bahwa etika adalah tingkah laku manusia yang menjadi kebiasaan , dan pada akhirnya menjadi penilaian moral apakah baik atau tidak menurut masyarakat.

2.2. Etika Internet
Etika internet sama halnya dengan etika di dunia nyata, pada dasarnya kebiasaan baik dan buruk manusia ini akan dibawa ke dunia internet.  Aturan di internet sama halnya dengan dunia nyata dimana orang yang merugikan atau membuat orang merasa sakit hati akan dipandang orang yang tidak memiliki etika.
2.3. Kegiatan Internet
            Untuk apa manusia menggunakan internet ? berikut ada beberapa kegiatan manusia dalam menggunakan internet :
a.       Media Informasi
Menggunakan internet sebagai tempat menimba ilmu atau informasi yang berguna.
b.      Media Hiburan
Sebagai media hiburan, dalam rangka menghilangkan kejenuhan.
c.       Media Bisnis
Tempat bisnis dan mengurus pekerjaan.

2.4. Kegiatan Pelanggaran Etika
2.5. Cara Menghindari Pelanggaran Etika

BAB III
KESIMPULAN
           




Daftar Pustaka :


Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved