Peran Komputer di Masyarakat

Komputer digunakan sebagai alat bantu mengolah informasi (Mengetik, Menghitung, Simpan data, dsb), Komputer di masyarakat memiliki peran sebagai alat bantu saja berbeda dengan jurusan teknik informatika yang menggunakan komputer sebagai bahan membuat aplikasi.

Komputer digunakan di berbagai bisang di masyarakat berikut bidang yang digunakan di masyarakat.

  1. Perbankan 
  2. Perdagangan
  3. Industri
  4. Transportasi
  5. Rumahsakit
  6. Pendidikan
  7. Seni
  8. Penelitian
  9. Rekreasi
  10. Hankam
  11. Komunikasi
  12. Pemerintahan
Untuk Lebih jelas mari kita bahas satu per satu:
1. Perbankan 
Komputer Digunakan pada bidang perbankan contohnya sistem antrian, pelayanan pada teller, dan mesin ATM. teknologi komputer sudah digunakan di perbankan sejak lama, dan sudah berkembang pada menggunaan sistem pembayaran online.
2. Perdagangan
Perdagangan pada masa ini lebih menguntungkan menggunakan sistem komputerisasi, mulai dari pencatatan barang di pelayanan toko sampai dengan pembuatan toko secara online yang kini disebut dengan Toko Online yang memicu tumbuhnya E-commerce di masyarakat.
3. Industri
Penggunaan Komputer di bidang industri contohnya adalah CAM (Computer Aided Manufacture) Membuat perancangan yang dibantu oleh komputer, dan itu menghemat biaya serta meningkatkan produktifitas. Selain itu juga ada CAD (Computer Adided Design) Merancang dan membentuk sebuah object menggunakan komputerisasi, misalnya dalam pembentukan mobil secara masal. Selain itu ada juga sistem robotik untuk memproduksi barang tanpa merasa lelah dan menghemat biaya produksi.
4. Transportasi
Penggunaan komputer pada bisang transportasi misalnya penggunaan GPS, Transfer data antar terminal, Pemesanan tiket secara Online dsb.
5. Pendidikan
Pada bidang pendidikan ada CBE (Computer Based Education) Sebagai alat pembelajaran dibantu komputer. selain itu ada juga CAI (Computer Asisted Intruction) , kemudian ada E-Liblary sebagai perpustakaan secara onlie
6. Seni
 Dalam bidang seni komputer digunakan untuk rekaman, Synthesizer, Efek Giitar, Edit film , kamera. dan sebagainya.
7. Penelitian
Dalam bidang penelitian komputer digunakan sebagai penelitian nuklir, ujicoba ruang angkasa, dan peramalan cuaca.
8. Rekreasi
Komputer sudah mewabah sampai bidang rekreasi, misalnya adalah game online. roller coaster. dan wahana lain yang menggunakan sistem otomatis.
9. Bidang Hankam
Pada bidang ini komputer ditanamkan pada kapal perang, pesawat , dan selain itu juga digunakan sebagai database DPO (daftar pencarian orang), dan sedang dikembangkan sistem pakar hukum sehingga tidak ada suap menyuap.
10. Komunikasi
 Pada bidang komunikasi sangat jelas komputer berperan penting  contoh sederhananya adalah handphone anda.
11. Pemerintahan
Pada saat ini sedang dikembangkan sistem E goverment, dimana pemerintahan memiliki database secara komputerisasi, hal ini memungkinkan keamanan data yang biasanya tercecer akibat kelalaian petugas. Salah satu contoh adalah E-KTP.
12. Rumah Sakit
Seperti perbankan sistemnya sudah menggunakan sistem antrian, kemudian  dikembangkan pada sistem USG, Sinar X, dan Sistem pakar yang membantu mengambil keputusan jenis sakit seorang pasien.

Sekian semoga bermanfaat
Sumber : Mata Kuliah Komputer Masyarakat : stmik-sumedang.ac.id
Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved