Tahun baru tidak selalu identik dengan maksiat




Di malam tahun baru 2014 saya menyempatkan diri merayakan malam tahun baru bersama kawan baik. Walapun rasa lelah menggerogoti tubuh, saya penasaran dengan beberapa hal yang tidak terlalu saya ketahui mengenai tahun baru.
Memang banyak sekali hal yang melanggar aturan agama atau maksiat , seperti mabok-mabokan atau sex bebas, dan menghambukan bahan bakar yang selama ini sedang kita irit.
Setelah saya tengok dari arah yang lain ada pesan tersirat dari perayaan malam tahun baru kali ini , ada beberapa hal yang saya pelajari :

1. Adanya rasa saling menghormati diantara pengendara motor, tidak ada saling marah walau macet, tidak ada saling emosi walau saing mendahului.
2. Adanya setetes harapan baru untuk hidup yang lebih baik yang tertanam di setiap diri orang yang merayakan, walau mungkin hanya satu langkah saja. Tapi saya yakin harapan bisa membawa orang ke arah yang lebih baik.  Dan tiada lain hal yang membuat orang bertahan hidup kecuali harapan.

3. Orang menjadi kuat bergadang, mungkin jika di biasakan orang akan kuat bergadang dan akhirnya bisa untuk terbiasa solat tahajud, walau mungkin rasanya jauh, namun sedikit sedikit lama lama menjadi bukit.
4. Mempersatukan umat, saya melihat adanya saling sapa antar manusia walaupun mereka tidak saling kenal dan berbeda umat, ras dan agama. Namun hal ini menumbuhkan rasa solidaritas yang nantinya bisa saling menghargai  antar umat.
5. Adanya solidaritas. Dijalan saya melihat ada yang terjatuh, namun semua mengamankan , ada yang menyetop, membantu dan mengangkat orang yang terjatuh tersebut, walapun mereka tidak saling kenal.
6. Mempererat hubungan sebuah pasangan, Terutama bagi yang sudah menikah saya lihat dari mereka menjadi dekat sekali , seolah olah mereka memulai dunia baru dan meninggalkan dunianya yang sudah terlalu kusut untuk diluruskan.
7. Adanya waktu luang keluarga, bukan hanya anak muda namun ada beberapa keluarga yang merayakan tahun baru bersama keluarga . Momen yang baik untuk kembali membentuk suasana keluarga yang baik,  saya sadari moment keluarga itu penting untuk pembentukan karakter yang baik dan terbuka jika ada permasalahan, tidak seperti saya yang sangat sulit mendapat moment  dalam keluarga.

Ok harapan saya di tahun baru semoga orang bisa melihat lebih luas dan dari berbagai sudut pandang.
-Mudah mudahan saya sering mendapat moment keluarga.
- Dan saya semakin yakin tidak semata-mata Alloh menciptakan sesuatu hal (Kejadian/benda) tanpa ada manfaat.
*berharap ada donatur domain hhe
Sekian selamat malam dan selamat tahun baru

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved