Tingkat kesuksesan internet dalam dunia pendidikan




Internet adalah bagian hidup dari kita saat ini, tak ayal dari seluruh manusia di seluruh pelosok dunia mampu menggunakan fasilitas ini, kemampuan berbagi yang sangat mengagumkan dari sistemnya membuat manusia dapat menerima informasi secara kilat, bahkan dalam hitungan detik sekalipun. Namun sejauh mana internet dapat mendongkrak peningkatan kualitas pendidikan itu masih dalam tanda tanya yang besar.

Dalam beberapa survei menyatakan bahwa pendidikan hanya menjadi prioritas ke tiga bahkan ke empat dalam penggunaan internet  di dunia, kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan untuk bisnis, hiburan, bahkan masalah sex. Ironinya banyak pihak kurang melirik dengan potensi ini, masih banyak yang jalan di tempat dalam dunia pendidikan padahal dengan fasilitas internet manusia mampu berbagi ilmu dengan cepat dan memungkinkan kita memperoleh evolusi pendidikan yang pesat.

Ada beberapa kesalahyan yang mendasar dalam  dunia internet mengenai pendidikan:

1.       Masalah Copy Paste
Masalah ini memang sudah menjadi darah daging, keasalahan disini terdapat pada kedua pihak yang tak mampu mengatur sirkulasi informasi, bahkan kebanyakan dari mereka jarang membaca informasi yang mereka terima, dan cenderung memanfaatkan fasilitas copy paste . terutama bagi Siswa dan mahasiswa yang malas, parahnya ada beberapa tenaga pengajar yang memanfaatkan hal yang sama, sehingga terkadang soal ujian di dapat dari internet yang dusah dimiliki oleh anak didiknya. Ini membuat semuanya semakin memperbudak diri dan tidak berfikir karena telah merasa nyaman dengan informasi dari internet.

2.       Masalah serong Info
Hal ini berasal dari copy paste  karena banyaknya copas, kadang dalam membuat laporan mereka jarang sekali membaca ulang dan mengeditnya, sehingga banyak informasi yang salah dianggap benar adanya. Dan ini membuat kemunduran dalam evolusi pendidikan.

Lalu apakah kita akan mengikuti jejak yang sama? Menikmati fasilitas yang maju dan mengalami kemunduran dalam hal berfikir? Walau tidak semuanya  deunia pendidikan di dunia ini mengalami hal yang sama namun sebagian besar sudah terkena penyakit-penyakit tersebut. Lalu sejauh mana kita telah bertindak. Saya berharap anda juga termasuk orang yang sadar akan hal ini. Mari kita berubah menuju evolusi yang maju dan fasilitas yang modern.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Dunia Naeta All Right Reserved